Kurikulum Sekolah
Mengintegrasikan Kurikulum Nasional dan Kurikulum Khas Insan Amanah
Kurikulum Merdeka
SD Insan Amanah menerapkan Kurikulum Merdeka yang memberikan keleluasaan bagi pendidik dan peserta didik untuk mengembangkan potensi secara optimal. Kurikulum ini dirancang untuk membentuk peserta didik yang memiliki kompetensi global dan berkarakter Pancasila.
Karakteristik Kurikulum Merdeka:
- Pembelajaran Berbasis Proyek untuk pengembangan soft skills
- Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai
- Fokus pada Materi Esensial dan pengembangan kompetensi
- Pengembangan Karakter Profil Pelajar Pancasila
Keunggulan Kurikulum Kami:
- Integrasi nilai-nilai agama dan moral
- Penguatan literasi dan numerasi
- Pembelajaran berdiferensiasi
- Assesmen yang autentik dan berkelanjutan
Kurikulum SD Insan Amanah
| Mata Pelajaran | Deskripsi | JP/Minggu |
|---|---|---|
| Bahasa Indonesia | Mengembangkan kemampuan komunikasi lisan dan tulis, serta pemahaman literasi dalam bahasa nasional. | 4 JP |
| Pendidikan Agama Islam | Membentuk karakter dan akhlak mulia siswa sesuai dengan Agama Islam. | 2 JP |
| Pendidikan Pancasila | Sebelumnya dikenal sebagai PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan), mata pelajaran ini fokus pada pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila serta kewarganegaraan yang baik. | 2 JP |
| Matematika | Membangun kemampuan berpikir logis, analitis, dan pemahaman konsep dasar matematika. | 2 JP |
| Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) | Mata pelajaran terintegrasi (IPA dan IPS) yang bertujuan untuk memperkenalkan konsep-konsep dasar sains dan realitas sosial di lingkungan sekitar secara holistik pada fase-fase awal pembelajaran. | 2 JP |
| Seni Budaya | Pembelajaran ini berfokus pada pengalaman estetik, baik melalui kegiatan berekspresi/berkreasi ("belajar dengan seni") maupun apresiasi terhadap seni itu sendiri ("belajar tentang seni"), serta keterampilan dasar seperti kerajinan tangan. | 2 JP |
| Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) | Fokus pada perkembangan fisik, keterampilan motorik, dan pemahaman pola hidup sehat. | 2 JP |
Program Penguatan Pendidikan Karakter
Program Literasi
Membaca 15 menit setiap hariProgram Numerasi
Penguatan konsep matematika dasarPembiasaan Karakter
Praktik nilai-nilai karakter setiap hariKurikulum Lokal Khas SD Insan Amanah
| Mata Pelajaran | Deskripsi | JP/Minggu |
|---|---|---|
| Lughotul Arabiyah | Mata pelajaran Bahasa Arab diarahkan untuk mendorong, membimbing, dan membina kemampuan serta menumbuhkan sikap positif siswa terhadap bahasa Arab, baik secara reseptif (menyimak dan membaca) maupun produktif (berbicara dan menulis). | 2 JP |
| Bahasa Inggris | Mata pelajaran Bahasa Inggris berfokus pada pengenalan bahasa (language exposure) secara dini, menekankan aspek komunikatif dan menyenangkan, bukan pada tata bahasa yang rumit. | 2 JP |
| Bahasa Jawa | Mata pelajaran Bahasa Jawa tidak hanya mengajarkan aspek kebahasaan, tetapi juga mengintegrasikan sastra dan budaya Jawa yang mencakup empat aspek utama: menyimak (nyemak), berbicara (micara), membaca (maca), dan menulis (nulis). | 2 JP |
| Fiqih | Bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar tentang hukum-hukum syariat Islam yang berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari, baik dalam aspek ibadah maupun interaksi sosial sederhana. | 2 JP |
| Teknologi Informatika | Tujuan utama mata pelajaran Informatika di SD adalah untuk mempersiapkan siswa menjadi pengguna teknologi yang literat, mampu berpikir komputasional, dan mampu menciptakan solusi digital sederhana untuk menyelesaikan masalah sehari-hari. | 2 JP |
Program Penguatan Inovasi Teknologi
Science Club
Pengembangan minat sainsCoding Class
Dasar-dasar pemrogramanRobotic Class
Pengembangan Bidang RobotikaScience & Art Expo
Pengembangan Entrepreneur Sains dan TeknologiProgram Ekstrakurikuler
Ekstrakurikuler Wajib
- Pramuka - Pembentukan karakter dan kepemimpinan
Ekstrakurikuler Pilihan
- Olahraga - Futsal, Basket, Renang, Pencak Silat, Bulu Tangkis
- Seni - Tari, Mewarna, Paduan Suara
- Sains & Teknologi - Robotik, Koding, Desain Grafis, Inovasi Teknologi, Klub Sains, Shinkenjuku
- Keagamaan Qiro'ah, Banjari
- Bahasa - English Club, Bina Bahasa, Jurnalistik
- Kesehatan Tiwisada
Sistem Penilaian
Penilaian Formatif
Penilaian selama proses pembelajaran untuk perbaikan
Penilaian Sumatif
Penilaian di akhir periode pembelajaran
Penilaian Portofolio
Dokumentasi perkembangan belajar siswa